MANDIRI

Mei 06, 2020


Dulu waktu kecil, kelas satu SD sering banget disuruh mama buat jadi anak mandiri. Lalu  aku bertanya pada mama yang lagi sibuk-sibuknya mengancingkan seragam sekolah yang dikenakan padaku.

“Memangnya mandiri itu apa? “ tanyaku

Lalu mama menjawab, “man itu mandi, diri itu sendiri. Jadi mandiri itu mandi sendiri. Tapi nggak cuman mandi sendiri, tapi juga makan sendiri,  makai baju sendiri, dan sendiri lainnya..........”

“hmmm jadi aku kalo mandi sendiri, makan sendiri, pakai baju sendri, berangkat sekolah sendiri, aku ini anak mandiri?” batinku.

Tidak terasa lima belas tahun terlewati sudah, sekarang baru aku sadar betul apa definisi mandiri. Bukan sebuah kata kerja yang dilakukan sendirian, melainkan lebih tertuju pada subjek itu sendiri. Setiap manusia yang hidup memang harus  mandiri karena manusia bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Itulah mengapa Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin di dunia. Ya manusia harus mandiri tidak dijajah, harus berani, dan tidak lemah. Bukan keharusan untuk memimpin suatu masa atau kaum, tapi memimpin diri dan bertanggung jawab untuk diri sendiri adalah sebuah kewajiban yang di anugerahkan Tuhan kepada kita.

You Might Also Like

0 komentar