Elaborasi Kota Malang

November 18, 2017



Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Malang terdiri dari tiga wilayah adminstratif yaitu Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang. Ketiga wilayah ini dikenal dengan Malang Raya atau Kota Metropolitan Malang. Daerah yang memiliki luas total 3.989,40 km2 ini dikelilingi beberapa pegunungan besar, di antaranya adalah pegunungan Bromo-Tengger (berkisar 2.700 m dpl); Gunung Semeru (3.676 m dpl); Gunung Arjuno (3.339 m dpl); Gunung Butak (2.868 m dpl); Gunung Kawi (2.551 m dpl); Gunung Anjasmoro (2.277 m dpl); serta Gunung Panderman (2.045 m dpl). Malang mendapat julukan Zwitserland van Java karena keindahan kotanya yang dikelilingi pegunungan serta tata kotanya yang rapi, menyamai negara Swiss di Eropa. Selain itu Kota Malang juga dijuluki dengan Paris van Oost Java  karena  iklimnya yang sejuk dan kotanya yang rapi serta indah. Selain bentang alam Kota Malang yang menarik, Kota Malang juga diramaikan dengan berbagai taman rekreasi  seperti Jawa Timur Park 1 dan 2, Secret Zoo Batu, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, Alun-Alun Kota Batu, Alun-Alun Kota Malang, Taman Rekreasi Kota dan masih banyak lainnya. Bukan hanya taman bermain dan wisata alam saya yang menghidupkan kepariwisataan kota malang namun wisata kuliner juga menjadi ikon Kota Malang. Bakso malang, bakso bakar, cwie mie, rawon khas Malang, soto ayam gang lombok, kaldu kambing kacang hijau, soto kambing tunggulwulung, nasi bug, nasi pecel, sop dengkul, sayur asem dengan buah apel, tahu campur, mendol dan tahu telur adalah daftar makan khas kota malang yang banyak dijual di sekitar jalan.

Angkutan umum di Kota Malang ini juga sangat mudah diakses. Hanya ada 5 terminal di Kota Malang, semuanya telah terhubung dengan angkutan kota. Ada dua macam angkutan yaitu angkutan untuk jalur dalam kota dan angkutan untuk jalur luar kota. Angkutam jalur dalam kota berwarna biru tua dengan kode garis warna yang beragam untuk membedakan jalurnya, contoh: Landungsari-Dinoyo-Hamid Rusdi (LDG, sebelumnya LDH)dengan garis warna putih, Arjosari-Landungsari (AL)dengan garis putih-merah, dan lain sebagainya. Termasuk juga dengan angkot yang menuju sub-terminal. Sedangkan angkuta untuk jalur luar kota (dari Kota Malang ke Kabupaten Malang atau Kota Batu) berwarna selain biru tua

Bukan hanya sebagai kota pariwisata yang menyimpan sejuta keindahan alam namun sebagai kota besar malang juga merupakan Kota Pendidikan. Banyak fasilitas pendidikan yang memadai dan suasana kota Malang yang tenang, membuat kota malang sangat cocok untuk belajar atau menempuh pendidikan. Udara di sini pun sejuk dan segar, sarana transportasinya memadai dan biaya hidup juga relatif terjangkau. Tak heran jika Malang banyak dilirik pelajar dari daerah manapun yang ingin menempuh pendidikan berkualitas dengan biaya seminimal mungkin. Sebagai Kota pendidikan maka Kota Malang juga dijuluki sebagai Kota Pelajar karena  banyak sekali  universitas negeri maupun swasta di Malang. Sedikitnya ada lima universitas negeri seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Kesehatan Malang dan puluhan Perguruan Tinggi Swasta yang dimiliki Malang.

You Might Also Like

0 komentar